PELATIHAN KOMUNIKASI PEMASARAN PELAYANAN PRIMA BAGI PEMILIK HOMESTAY DI DESA MARGALUYU, BANDUNG)
DOI:
https://doi.org/10.70522/jad.v4i1.106Kata Kunci:
Pelatihan komunikasi; Pemasaran; Wisata; Pelayanan prima; Desa MargaluyuAbstrak
Desa Margaluyu merupakan salah satu desa Wisata yang berada di kabupaten Bandung Jawa Barat yang memiliki potensi alam yang luar biasa Desa Margaluyu sudah lama diresmikan sebagai desa binaan wisata yang sering menjadi tujuan wisatawan dalam dan luar neheri. Namun saat ini fasilitas homestay yang ada di desa Margaluyu belum banyak yang memiliki standar pelayanan prima hospitality sehingga kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pemilik homestay mengenai pelayanan prima berkualitas yang dapat diberikan oleh homestay sederhana. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi, pelatihan dan penyuluhan serta konsultasi dan bimbingan teknis. Tahapan kegiatan dimulai dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Fokus materi yang diberikan kepada peserta yaitu pada unsur pelayanan prima yaitu pada peningkatkan kapabilistas hospitality dan pembuatan paket wisata bagi pemilik homestay
Referensi
Barata, A. A., 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Barata, A. A. (2006). Dasar Dasar Pelayanan Prima (Cetakan Ke). PT. Gramedia Pustaka
Glading, Samuel. (2012). konseling, Jakarta Barat: PT Indeks
Kotler, P, 2005. Manajemen Pemasaran I dan II, Edisi Millenium. PT. Prenhallindo, Jakarta
Mangkuprawira, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Normina, “Masyarakat Dan Sosialisasi,” Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 12, no. 22 (2014): 107–115,
Notoatmodjo, S 2012, Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta.
Pramudyo, Chrisogonus. D. 2007. Cara Pinter Jadi Trainer. Jakarta : Percetakan. Galang Press.



