PELATIHAN KOMUNIKASI PEMASARAN PELAYANAN PRIMA BAGI PEMILIK HOMESTAY DI DESA MARGALUYU, BANDUNG)

Penulis

  • Nada Arina Romli Universitas Negeri Jakarta
  • Euis Puspita Dewi Universitas Persada Indonesia YAI
  • Siti Sujatini Universitas Persada Indonesia YAI
  • Sandy Allifiansyah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.70522/jad.v4i1.106

Kata Kunci:

Pelatihan komunikasi; Pemasaran; Wisata; Pelayanan prima; Desa Margaluyu

Abstrak

Desa Margaluyu merupakan salah satu desa Wisata yang berada di kabupaten Bandung Jawa Barat yang memiliki potensi alam yang luar biasa Desa Margaluyu sudah lama diresmikan sebagai desa binaan wisata yang sering menjadi tujuan wisatawan dalam dan luar neheri. Namun saat ini fasilitas homestay yang ada di desa Margaluyu belum banyak yang memiliki standar pelayanan prima hospitality sehingga kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pemilik homestay mengenai pelayanan prima berkualitas yang dapat diberikan oleh homestay sederhana. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi, pelatihan dan penyuluhan serta konsultasi dan bimbingan teknis. Tahapan kegiatan dimulai dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Fokus materi yang diberikan kepada peserta yaitu pada unsur pelayanan prima yaitu pada peningkatkan kapabilistas hospitality dan pembuatan paket wisata bagi pemilik homestay

Referensi

Barata, A. A., 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Barata, A. A. (2006). Dasar Dasar Pelayanan Prima (Cetakan Ke). PT. Gramedia Pustaka

Glading, Samuel. (2012). konseling, Jakarta Barat: PT Indeks

Kotler, P, 2005. Manajemen Pemasaran I dan II, Edisi Millenium. PT. Prenhallindo, Jakarta

Mangkuprawira, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Normina, “Masyarakat Dan Sosialisasi,” Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 12, no. 22 (2014): 107–115,

Notoatmodjo, S 2012, Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta.

Pramudyo, Chrisogonus. D. 2007. Cara Pinter Jadi Trainer. Jakarta : Percetakan. Galang Press.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-09

Cara Mengutip

Romli, N. A., Dewi, E. P. ., Sujatini, S. ., & Allifiansyah, S. . (2025). PELATIHAN KOMUNIKASI PEMASARAN PELAYANAN PRIMA BAGI PEMILIK HOMESTAY DI DESA MARGALUYU, BANDUNG). JURNAL ABDIMAS DOSMA (JAD), 4(1), 29–37. https://doi.org/10.70522/jad.v4i1.106

Terbitan

Bagian

Articles