Sistem Informasi Berbasis Website Sebagai Media Informasi di SD Tambang Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo

Penulis

  • Jamilah Karaman Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Wawan Trisnadi Putra Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Syeda Aliya Bukhari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ryan Erlangga Ardiansyah Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Wima Alif Harianto Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Wisnu Suryo Kuncoro Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Vega Satria Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Sholeh Khasan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.70522/jad.v4i1.71

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Website Sekolah, Pengembangan Perangkat Lunak

Abstrak

SDN Tambang merupakan sekolah dasar negeri yang terletak di Desa Tambang, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, sekolah ini berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak di lingkungan pedesaan. SDN Tambang terus berusaha mengembangkan potensi setiap siswa melalui proses pembelajaran yang inovatif dan inspiratif. Namun, perkembangan teknologi informasi yang pesat menuntut adanya modernisasi sistem administrasi dan komunikasi sekolah. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembuatan sistem informasi berbasis website yang dirancang untuk mendukung kegiatan operasional dan transparansi SDN Tambang. Dalam pembuatan sistem informasi berbasis website untuk SDN Tambang, metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Sistem ini bertujuan memfasilitasi akses informasi bagi siswa, orang tua, serta masyarakat luas, dengan menyediakan berbagai fitur seperti profil sekolah, informasi akademik, dan kegiatan sekolah.

Referensi

Andry, J. F., Deny, D., & Jonathan, O. (2020). Profesi Teknologi Informasi Dalam Industri E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.30813/jpk.v4i1.2075

Fadillah, A. (2020). Efektivitas Website SMAN 5 Samarinda Sebagai Media Komunikasi dan Informasi Siswa. EJournal Ilmu Komunikasi, 53(9), 113–124.

Ferdinandus, S., & Wijaya, F. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan Webblog Bagi Guru-Guru Smp Negeri 10 Ambon Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Pengabdian Masyarakat Jamak (Manajemen & Akuntansi), 03(01), 119–125.

Heny, D. N. (2016). Analisis User Interface dan User Experience pada Website Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta. Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta, 2, 183. https://doi.org/10.28989/senatik.v2i0.77

Huda, M. (2020). Website sebagai Media Informasi dan Bisnis. Journal of Community Service and Empowerment, 1(1), 56–68.

Izzah, N. (2020). Pelatihan Membuat Dan Mengelola Website Sekolah. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 247–256. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.40

Paramita, L. W. (2013). Keefektifan Website Sekolah Sebagai Media Informasi. Ejournal, 1(1).

Sugiyono. (2016). Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tannady, H., Haeraini, D., & Natalia, D. (2021). Perancangan Tampilan User Interface Pada Website Klinik Sehat Berdasarkan Metode Paper Prototype. JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems, 4(2), 10–15. https://doi.org/10.30813/jbase.v4i2.2999

Utari, R. (2018). sekolah adalah kondisi persaingan antar sekolah, kesadaran perlunya menjalin komunikasi dengan pihak eksternal, keberadaan fasilitas dan SDM pendukung, dan pelaksanaan model belajar interaktif, mandiri dan jarak jauh berupa e-learning. Kedua, pemanfaatan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 78–87.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-09

Cara Mengutip

Karaman, J. ., Putra, W. T. ., Bukhari, S. A. ., Ardiansyah, R. E. ., Harianto, W. A. ., Kuncoro, W. S. ., Satria, V. ., & Khasan, S. . (2025). Sistem Informasi Berbasis Website Sebagai Media Informasi di SD Tambang Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo. JURNAL ABDIMAS DOSMA (JAD), 4(1), 10–19. https://doi.org/10.70522/jad.v4i1.71

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama