Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Sebagai Sarana Pembinaan dan Pembentukan Karanter Santri (Pengabdian di TPQ Al-Ikhwah Lumandi Palopo)
Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Sebagai Sarana Pembinaan dan Pembentukan Karanter Santri (Pengabdian di TPQ Al-Ikhwah Lumandi Palopo)
DOI:
https://doi.org/10.70522/jad.v1i2.16Kata Kunci:
TPA, Pembinaan Dan Pembentukan karakter, SantriAbstrak
Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Ikhwah Lumandi merupakan salah satu pusat pendidikan karekter religius bagi generasi saat ini, di Kota Palopo. Kehadiran TPA Al-Ikhwah saat ini menjadi solusi bagi masyarakat terutama bagi Orang Tua Di kompleks Perumahan Griya Lumandi. Dengan adanya TPA Al-Ikhwa tentunya dapat membantu Orang Tua dalam Pendidikan karakter religious bagi anak-anak mereka sejak usia dini. Bepedonam pada Buku manajemen Pengelolaan TKA/TPA/TQA yang diterbitkan oleh LPPTKA BKPRMI 2021 TPA Al-Ikhwah Lumandi dikelola dengan menggunakan metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan buku Iqro’ Tujuan pengabdian ini adalah untuk menjadikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA sebagai) sarana Pembinaan dan Pembentukan karakter Santri.
Kata Kunci : TPA, Pembinaan Dan Pembentukan karakter, Santri
Referensi
Ajhuri KF, S. M. (2018). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) melalui Qalamuna, 10(2), 175–195.
Billah, A. (2016). Dalam Materi Sains Arif Billah Abstrak. Kan Karakter Untuk Anak Usia Dini… (Arif Billah) Attarbiyah, Journal of Islamic Culture and Education, I(2), 243–272. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i2
Kusrahmadi, S. D. (2010). Pentingnya Pendidikan Budi Pekerti Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta. Kusuma, Y. (2018). Model-Model Perkembangan Pembelajaran BTQ di TPQ / TPA.
LPPTKA BKPRMI PUSAT “ Kurikulum LPPTKA BKPRMI 2020 TKA/TPA/TQA” Cetakan Ke-2, 2021
Ulfa, Z. (2014). Prooses Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Di Tpq Muhammadiyah Kelurahan Mangkang Wetan Kecamatan Tugu Kota Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.