Digitalisasi Digitalisasi Pertanian Melalui Platform Online untuk Meningkatkan Pendapatan KWT Sedap Malam
DOI:
https://doi.org/10.70522/jad.v4i1.110Kata Kunci:
Digitalisasi Pertanian, Pemasaran Online, Produk PertanianAbstrak
Digitalisasi pertanian menjadi langkah strategis dalam meningkatkan daya saing dan pendapatan petani di era digital. Metode yang digunakan adalah tindakan partisipatif dengan melibatkan 25 anggota KWT Sedap Malam. Pelatihan dilaksanakan dalam tiga tahap: pengenalan konsep pemasaran digital, praktik penggunaan platform e-commerce, dan evaluasi hasil penjualan online. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis laporan penjualan selama satu bulan sebelum adanya pelatihan. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan pada pendapatan rata-rata anggota KWT sebesar 66,87% setelah mengimplementasikan strategi pemasaran online. Selain itu, terjadi peningkatan literasi digital sebesar 90,83% di kalangan peserta. Oleh karena itu, pelatihan pemasaran produk pertanian melalui platform online efektif dalam meningkatkan pendapatan dan kapasitas digital KWT Sedap Malam. Pengabdian ini merekomendasikan perluasan program serupa ke kelompok tani lainnya untuk mendorong transformasi digital di sektor pertanian.
Referensi
Adriansah, A., & Hasanah, H. U. (2023). Knowledge of Internet Technology and Its Application System in the Perspective of Islamic Economics Interest in Online Shopping. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 4(1), 63-81.
Ariwardhani, C., Rochim, A. F., & Windasari, I. P. (2014). Sistem Informasi Wisata Kuliner di Kota Semarang Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.2.1.2014.11-15
Balya, D. (2023). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 274–301.
Hidayat, R., Pratama, H., & Saputra, W. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Akhlak: Tantangan dan Peluang. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(1), 45–62.
Ifadhila, dkk. 2024. Pemasaran Digital di Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia: Jambi.
Jatiningrum, C., Wulandari, W., & Yuliana, R. (2020). Strategi Pemasaran Media Online Sebagai Media Pendukung UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19. ECo-Fin, 2(2), 57–62. https://doi.org/10.32877/ef.v2i2.315
Khairunisa, A. N., & Misidawati, D. N. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Indonesia. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 184–190.
Muh David Balya Al. (2023). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 26–53. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i3.272
Munawati, M., Wahyuddin, W., Marsuki, N. R., Id, R. A., Sultan, J., 259, A. N., Sari, G., Rappocini, K., Makassar, K., & Selatan, S. (2024). Transformasi Pekerjaan di Era Digital: Analisis Dampak Teknologi Pada Pasar Kerja Modern. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(1), 28–37. https://doi.org/10.55606/concept.v3i1.950
Ningsih, S. R. (2024). Pengaruh Teknologi Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja di Indonesia. Benefit: Journal of Bussiness, Economics, and Finance, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37985/benefit.v2i1.341
Sawitri, D. (2023). Internet Of Things Memasuki Era Society 5.0. KITEKTRO: Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, Dan Elektro, 8 No. 1(1), 31–35.
Satira, U., dan Hidriani, R. 2021. Peran Penting Public Relations di Era Digital. Sadida: Islamic Communications Media Studies, 1(1), 179-202.



