PPM PENGUSAHA KECIL T-SHIRT CRAWL AND JACK DALAM PENGEMBANGAN UMKM
Kata Kunci:
Pengusaha, Kaos, UMKMAbstrak
Crawl and Jack merupakan usaha kaos polos yang saat ini sedang banyak diminati oleh generasi muda. Namun pada usaha yang baru saja berdiri seperti ini banyak kendala yang dihadapi, seperti meningkatnya permintaan konsumen tentang ketersediaan barang, inovasi desain. Sehingga membuat pemilik usaha menjadi sedikit kewalahan dengan permintaan tersebut. Desain baju custom yang beragam bisa menarik konsumen yang memang gemar menggunakan koleksi kaos tersebut. Ketersedian desain custom ini sangat berpengaruh terhadap meningkatnya penjualan produk T-Shirt Crawl and Jack. Usaha T-Shirt Crawl and Jack ini dikelola oleh Ibu Binti Nurhayati. Kami melihat pentingnya mengangkat produk UMKM pengusaha t-shirt crawl and jack ini karena melihat kegigihannya dalam memulai bisnis pada masa pandemic sehingga produk tersebut mampu bertahan dan berkembang semakin luas sampai dengan saat ini. Permasalahan yang dialami yaitu keterbatasan modal untuk ketersediaan alat mesin jahit singer, belum mahirnya membuat desain custom beragam sesuai dengan permintaan customer. Selain itu, sebagai sebuah inovasi usaha ini perlu adanya optimalisasi manajemen dan pemasaran sarana promosi agar usaha dapat bertahan untuk kedepannya. Solusi yang kami tawarkan untuk pengembangan usaha yaitu Pertama, Membelikan unit alat pendukung produksi, dalam hal ini mesin jahit singer. Kedua, mengadakan pelatihan desain dan praktek langsung pemasaran daring.
Referensi
Binus University. 2017. Mengapa Perlu Re-Branding. https://binus.ac.id/malang/2017/09/mengapa-perlu-re-branding/.
CNBC Indonesia. 2023. https://www.cnbcindonesia.com/tag/bantuan-umkm.
Dewi, T. S. 2006. Analisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk Terhadap keunggulan bersaing Untuk meningkatkan kinerja pemasaran (studi pada industri batik di kota dan kabupaten pekalongan). Tesis. eprints.undip.ac.id
Djodjobo. N.V, Tawas.N.V. 2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September 2014
Effendi, Yusli, dkk. 2020. Glokalisasi : Gerakan Sosial, Kewargaan, dan Komunitas Sosial. Penerbit: Inetelegensia Media Malang
Jurnal Enterpreneur. https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-produk- yang- harus-anda-coba/.
Wawancara dengan Ibu Binti Nurhayati (Pemilik Usaha)