PELATIHAN PUBLIC SPEAKING BAGI ANAK-ANAK KOMUNITAS MAT PECI CILIWUNG UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI PUBLIK DALAM ISU LINGKUNGAN
Kata Kunci:
Berbicara depan umum, anak-anak, partisipasi publik, isu lingkungan, pemberdayaan komunitas, Mat Peci CiliwungAbstrak
Pengabdian ini berfokus pada peningkatan keterampilan public speaking anak-anak Komunitas Mat Peci Ciliwung untuk mendorong partisipasi publik dalam isu lingkungan. Tujuannya adalah membekali anak-anak dengan kemampuan komunikasi yang efektif dan percaya diri dalam menyampaikan gagasan. Metode pelaksanaan mencakup sosialisasi, pelatihan interaktif, simulasi berbicara, serta pendampingan dan evaluasi berkelanjutan. Pendekatan partisipatif dan edukatif digunakan untuk menyesuaikan materi dengan kebutuhan peserta. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan pada kepercayaan diri anak-anak dalam berbicara di depan umum, yang ditunjukkan oleh antusiasme mereka saat praktik berbicara dan keterlibatan dalam diskusi. Program ini juga memberikan dasar yang kuat untuk keberlanjutan pelatihan dan penguatan peran anak-anak dalam menyuarakan isu lingkungan di komunitas mereka.
Referensi
Chumaeson, W. (2020). Peran Pelatihan Public Speaking Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Di Dj Arie Public Speaking & Broadcasting School Bandung. 1(08), 137–143.
Diri, M. P., Desa, M., Sakti, J., Muara, K., Kabupaten Bekasi, G., Barat Abriandi, J., Ariani, J., & Harsy, A. F. (2023). Sosialisasi Public Speaking dan Pelatihan Leadership dalam. Jurnal Masyarakat, 3(1), 1–12.
Eni. (1967). Implementasi Teknik Komunikasi Retorika Dalam Kegiatan Stand Up “Openmic” Di Komunitas Stand Up Unitel Implementation of Rhetoric Communication Techniques in the Activities of Stand Up “Open Mic” At Stand Up Unitel Community. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.
KUNTORO, T. (2023). Studi Literatur: Public Speaking Membangun Kepercayaan Diri Peserta Didik. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(4), 455–460. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i4.1921
Nurcandrani, P. S., Asriandhini, B., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Jurnal Abdi MOESTOPO, 03(01), 27–32. https://doi.org/10.32509/am.v3i01.979
Putri, E. A. (2018). Pentingnya Kemampuan Public Speaking Bagi Sekretaris. Journal of Physical Therapy Science, 9(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2015.07.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.visres.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.humov.2018.08.006%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24582474%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2018.12.007%0Ahttps:
Sartika, D., & Konadi, H. (2022). Pelatihan Public Speaking pada Perangkat Desa Tansaran Bidin Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah Aceh. Jurnal Abdidas, 3(5), 814–821. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i5.679
Suhardi. (2024). Membangun Karakter Anak Dengan Public Speaking untuk Generasi Muda Berdaya Saing. Abdimas, 3(1), 1–6.
Tk, D. I., & Pekalongan, C. (2024). EDUKASI PENDAMPINGAN ORANG TUA MURID PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. 4(3), 236–242.